Backpacker ke Jepang dengan Bus Malam Tokyo-Osaka/Kyoto

Halo kali ini gue mau cerita yang agak melenceng dari tulisan gue biasanya. Nah kali ini aku mau cerita tentang travel 😹.

Di tahun ini Air Asia membuka rute baru untuk Jakarta-Osaka dengan harga 2,5jt PP. Tanpa pikir panjang, akhirnya saya beli lah tuh tiket, mengingat tahun ini belum jalan-jalan dan sekalian untuk mengobati rasa sakit hati gara-gara kantor aku gagal outing ke Jepang 2X 😑!!

Aku sendiri, ini bukan kali pertama aku pergi ke Jepang. Namun di Jepang sendiri aku main hanya baru sebatas di Tokyo saja. Nah rencananya untuk trip aku kali ini aku, eksplor ngga hanya  Tokyo namun ke daerah Kansai juga, seperti Osaka dan Kyoto.

Transportasi termurah dari Tokyo ke Osaka/Kyoto


Biasanya wisatawan yang ingin pergi ke Kyoto atau osaka dari Tokyo, umumnya menggunakan kereta Shinkasen. Tapi mungkin sebagian dari kalian tau kan seberapa  mehongnya kereta cepat di Jepang, bahkan menggunakan JR Pass pun menurut saya masih mehong banget. Nah kali ini saya mau share alternatif  hemat bagi yang mau jalan-jalan dan backpacker ke jepang ke Kyoto atau Osaka, yaitu bus malam.

Kenapa saya memilih naik bus malam ke Osaka /Kyoto dari Tokyo ?

Alasan pertama adalah MURAH!! yap ini adalah alasan pertama saya. Sekarang yuk kita hitung-hitung sebeberapa hemat saya jika menggunakan bus malam.

TransportasiJarak TempuhHarga
Pesawat (Jetstar)***1 jam 30 menitRp.1.300.000*
JR Pass3 jamRp. 3.800.000**
Bus Malam8 jamRp.1.170.000*
*rate 130 yen (per juli 2018)
**harga di HIS Travel per juli 2018
***maskapai termurah (cek di skyscanner)

 "kenapa ngga langsung naik pesawat aja kak beda cepek doang kan?"
Ada beberapa pertimbangan, pertama karena itineary saya ngga cocok jika langsung naik pesawat (saya main di Tokyo dulu 1 hari, malamnya baru pindah ke Osaka dan biasanya harga-harga murah jamnya kurang bagus) kedua adalah biaya bolak-balik bandara ke kota mahal bok! bisa 250rb sendiri dan itu juga naik kereta paling murah yang jarak tempuhnya bisa 1 jam ke Tokyo.

Alasan kedua adalah aku bisa hemat di penginapan karena aku bermalam di bus. Misalnya aku mengunakan tokyo osaka Shinkansen atau pesawat tentu saja saya harus tetap membayar untuk penginapan 2 malam + biaya transportasi dan penginapan di Jepang sendiri sangat mahal untuk sekelas guest house saja cukup mengocek uang. 

Alasan terakhir adalah nyaman. Jangan bandingkan dengan bus antar kota di Indonesia. Di Jepang sendiri busnya masih termasuk nyaman banget dikarenakan setiap bangku dilengkapi dengan selimut, bantal, stop kontak dan penutup kepala. Bahkan menurut teman saya, jika dibandingkan tidur di full services airlines, tidur di bus malam Jepang lebih nyaman dan nyenyak

Sumber : Website Willer Bus

Tips : Lebih baik memesan bus ke Osaka karena lebih murah dibandingkan ke Kyoto dan hindari hari jumat & minggu karena harga bus malam lebih mahal

Bagaimana cara memesan bus malam di Jepang ?


Banyak pilihan bus yang bisa kamu gunakan, namun aku lebih prefer memesan Willer Bus walaupun lebih mahal, website-nya sudah menggunakan bahasa inggris.  Jika kamu mau cari yang lebih murah bisa menggunakan Highway Bus atau Sakura Bus tapi ya siap-siap bahasanya kwkwkwk.

Cara memesan bus malam di Jepang

Berikut cara memesan bus malam Willer :
  1. Buka website Willer Bus
  2. Daftar menjadi member terlebih dahulu
  3. Masukan lokasi keberangkatan, kota tujuan, dan tanggal keberangkatan
  4. Pilih bus yang akan digunakan (untuk yang ini saya pesan yang Relax Seat, paling murah)
  5. Pilih lokasi dan lokasi turun
  6. Pilih kursi
  7. Memasukan data-data penumpang
  8. Pembayaran (saya menggunakan kartu kredit)
  9. Konfirmasi pemesanan

Overall sih gampang banget untuk memesan bus malam Tokyo ke Osaka pokoknya tinggal next-next aja sih 😂. Nah apabila kalian sudah membayar, nanti akan otomatis dikirimkan email berisikan konfirmasi perjalaan ke email. Jangan lupa print email tersebut untuk ditunjukan ke pak supir saat keberangkatan

Pengalaman naik bus malam di Jepang
Sangat disarankan untuk memesan 3 bulan sebelumnya karena harganya jauh lebih murah jika dibandingkan memesan berdekatan. Untuk tempat duduknya kita tidak bisa memilih ya gaes jadi emang random banget namun untuk tempat duduk cewe dan cowo dipisah. Bus malam ke Osaka/Kyoto juga dilengkapi fasilitas bagasi, jadi kalau yang bawa koper yang lumayan besar ngga perlu khawatir kayaknya.

Selain itu juga kalian benar-benar ngga boleh telat kalau sampai ke lokasi keberangkatan karena di Jepang benar-benar tepat waktu, telat 2 menit aja wasallam deh pasti kamu bakal ditinggal sama pak sopir.

Bagi kamu yang beseran juga ngga perlu khawatir karena bus malam Jepang akan berhenti di rest area setiap beberapa jam sekali. Selain itu tidak semua Willer Bus dilengkapi dengan toilet dan jadi bagi yang beseran jangan minum banyak-banyak biar ngga kebelet pipis terus :p


Kesimpulan

Secara garis besar pilihan transportasi disesuaikan dengan kebutuhan kamu saja. Misalnya memang punya budget yang berlebih atau waktu terbatas, kalian bisa menggunakan JR Pass atau pesawat. Pokoknya disesuaikan dengan kantong + itineary masing-masing aja gaes tapi bagi kalian yang jalan-jalan pas-pasan seperti saya atau yang backpacker ke jepang, alternatif terbaik adalah bus :P

💁‍♀️KELEBIHAN 🙅‍♀️KEKURANGAN
Murah Waktu perjalanan lama
Tidak perlu sewa penginapan
Nyaman

Mungkin kalian yang masih bingung, bisa tanya-tanya ya di kolom komentar. Sebisa mungkin aku bantu hehehe



0 comments